Tuesday, December 5, 2023

PEMETAAN PERMASALAHAN DAN KEBUTUHAN PESERTA DIDIK UNTUK PENGEMBANGAN KUESIONER NEEDS ASSESSMENT JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA/MA/SMK)

 

Aspek

Kebutuhan (K)

Permasalahan (P)

Item Kuesioner

1. Pribadi

1.1   Kesadaran hidup beragama.

1.2   Pentingnya membina kerukunan umat beragama.

1.3   Strategi membangun konsep diri.

1.4   Mengembangan motivasi hidup.

1.5   Cara mengelola tugas perkembangan.

1.6   Membentuk nilai-nilai hidup.

1.7   Respek terhadap diri sendiri.

1.8   Pemahaman dan penerimaan diri secara objektif.

1.9   Pengetahuan seksualitas

 

1.1   Fanatik terhadap suatu agama.

1.2   Ketegangan dalam kehidupan beragama.

1.3   Kebencian pada pemeluk suatu agama.

1.4   Tidak percaya diri.

1.5   Konflik internal.

1.6   Kecewa atas kegagalan.

1.7   Perasaan rendah diri.

1.8   Bersikap dan perilaku negatif.

1.9   Pornografi

 

1.       Saya butuh belajar cara meningkatkan kesadaran hidup beragama. (K)

2.       Saya butuh belajar cara membina kerukunan umat beragama. (K)

3.       Saya butuh belajar cara membangun konsep diri. (K)

4.       Saya butuh belajar cara meningkatkan motivasi hidup. (K)

5.       Saya butuh cara melaksanakan tugas perkembangan yang sukses. (K)

6.       Saya butuh cara membentuk nilai-nilai hidup yang bermanfaat. (K)

7.       Saya fanatik pada agama saya. (P)

8.       Saya mengalami ketegangan dalam kehidupan beragama. (P)

9.       Saya benci pada pemeluk agama yang berbeda dengan agama saya. (P)

10.   Saya tidak percaya atas kemampuan yang saya miliki. (P)

11.   Saya mengalami konflik pada diri saya atas suatu hal tertentu. (P)

12.   Saya kecewa atas kegagalan diri saya. (P)

13.   Saya memiliki impian yang besar. (K)

14.   Saya takut jika saya tidak bisa seperti orang lain. (P)

15.   Saya mengetahui apa yang harus saya lakukan setiap hari. (K)

16.   Saya merasa bahwa saya memiliki banyak kekurangan. (P)

17.    Saya merasa sulit untuk melakukan suatu hal. (P)

18.   Saya sukar melaksanakan tanggung jawab saya. (P)

19.   Saya butuh Pemahaman seksual (K)

20.   Saya sering melihat gambar atau film porno (P)

21.   Saya suka melihat gambar atau video laki-laki/perempuan seksi (P)

22.   Saya pernah melihat secara langsung orang melakukan hubungan intim (P)

23.  Saya menyukai sesama jenis (P)

2. Sosial

2.1   Pemahaman tentang kenakalan remaja.

2.2   Perilaku sosial yang bertanggung jawab.

2.3   Pemahaman tentang etika bergaul.

2.4   Pemahaman tentang bullying.

2.5   Kemampuan  membina hubungan dengan banyak teman.

2.6   Kemampuan untuk aktif dalam organisasi/kegiatan.

2.7   Pemahaman  mengenai peran sosial pria dan wanita dengan norma yang ada di masyarakat.

 

2.1   Sulit berkomunikasi dengan baik dan lancar.

2.2   Tidak bisa mengendalikan ketergantungan pada medsos.

2.3   Kurang memiliki kesadaran sebagai makhluk sosial yang harus berinteraksi.

2.4   Terjerumus dalam pergaulan yang kurang baik.

2.5   Kurang memiliki kemampuan menyelesaikan konflik dengan teman dekat.

2.6   Kurang memiliki sikap sopan santun pada orang lain.

2.7   Tidak terbiasa mengucapkan  kata maaf, tolong dan terimakasih dalam pergaulan.

2.8   Kurang memiliki kemampuan membina persahabatan yang baik.

1.       Saya memahami tentang kenakalan remaja. (K)

2.       Saya sudah banyak mengenal tentang perilaku sosial yang bertanggung jawab. (K)

3.       Saya memahami etika dalam bergaul. (K)

4.       Saya mengetahui tentang bullying dan cara menyikapinya. (K)

5.       Saya mudah untuk  memiliki banyak teman. (K)

6.       Saya aktif mengikuti organisasi/kegiatan (K)

7.       Saya memahami  peran sosial pria dan wanita dengan norma yang ada di masyarakat. (K)

8.       Saya masih merasa belum lancar berkomunikasi di hadapan banyak orang. (P)

9.       Saya merasa sulit mengendalikan ketergantungan pada medsos. (P)

10.   Saya jarang berinteraksi di lingkungan tempat saya tinggal. (P)

11.   Saya masih sering terbawa arus pergaulaan yang kurang baik. (P)

12.   Saya ingin  menyelesaikan  konflik dengan sahabat dekat. (P)

13.   Saya sering dianggap tidak sopan pada orang lain. (P)

14.   Saya kadang masih lupa mengucapkan kata maaf, tolong dan terimakasih dalam pergaulan. (P)

15.   Saya belum mengetahui cara menjaga persahabatan agar tetap langgeng. (P)

3. Belajar

3.1   Sikap dan kebiasaan belajar positif.

3.2   Mengembangkan motivasi belajar.

3.3   Mengembangkan disiplin diri dalam belajar.

3.4   Mengembangkan pemahaman dan kemampuan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.

3.5   Mengatasi kesulitan belajar.

3.6   Ketarampilan belajar efektif.

3.7   Keterampilan menetapkan tujuan dan perencanaan pendidikan.

3.8   Kesiapan mental dan kemampuan menghadapi ujian.

3.1   Motivasi belajar rendah.

3.2   Lingkungan belajar tidak mendukung.

3.3   Kebingungan mengatur waktu belajar.

3.4   Cemas menghadapi ujian.

3.5   Tidak memiliki rencana dan target pendidikan.

1.         Membutuhkan informasi tentang cara belajar yang efektif dan efisien. (K)

2.         Kurang mengetahui cara memanfaatkan teknologi dalam belajar. (P)

3.         Membutuhkan informasi tentang cara mempersiapkan diri menghadapi tes/ujian. (K)

4.         Ingin tahu cara belajar kelompok. (K)

5.         Ingin mengetahui sarana multimedia yang ada di sekolah. (K)

6.         Tidak tahu kiat-kiat belajar mandiri. (P)

7.         Ingin memanfaatkan secara maksimal buku-buku yang ada di perpustakaan. (K)

8.         Ingin tahu cara membuat suasana belajar di kelas menjadi nyaman. (K)

9.         Ingin mengetahui dampak menyontek pada saat ulangan bagi masa depan. (K)

10.     Takut bertanya/menjawab di kelas. (P)

11.     Setiap belajar sulit masuk/memahami. (P)

12.     Tidak semangat belajar karena fasilitas kurang memadai. (P)

13.     Merasa sebagai anak yang paling bodoh di kelas. (P)

14.     Orang tua kurang peduli terhadap kegiatan belajar saya. (P)

15.     Tidak tahu kiat-kiat belajar mandiri. (P)

16.     Sering gelisah saat pelajaran berlangsung, sehingga berusaha menghilangkannya dengan melakukan kegiatan lain. (P)

17.     Khawatir tugas-tugas pelajaran hasilnya kurang memuaskan. (P)

18.     Saya memiliki masalah dengan salah seorang guru mata pelajaran. (P)

19.     Saya perlu memperhatikan semua mata pelajaran dengan baik. (K)

20.     Saya bersemangat mempelajari hal baru ketika belajar. (K)

21.     Saya dapat menemukan jalan keluar ketika menemukan masalah dalam belajar. (K)

22.     Saya memahami gaya belajar yang cocok untuk saya. (K)

23.     Saya memiliki jadwal untuk belajar dan mengerjakan tugas. (K)

24.     Saya tidak terlalu bersemangat belajar. (P)

25.     Suasana di rumah tidak mendukung untuk belajar. (P)

26.     Saya hanya belajar ketika sedang ingin saja. (P)

27.     Saya hanya belajar ketika akan ujian. (P)

28.     Saya merasa cemas menghadapi ujian. (P)

29.     Saya tidak merencanakan kegiatan belajar saya. (P)

30.     Saya tidak memiliki target dalam belajar. (P)

4. Karier

4.1     Membutuhkan pemahaman sekolah lanjutan di perguruan tinggi.

4.2     Membutuhkan pemahaman minat terkait rencana pekerjaan.

4.3     Membutuhkan informasi terakit jurusan yang akan diambil.

4.4     Membutuhkan pengembangan sikap positif terhadap dunia kerja.

4.5     Membutuhkan kemampuan menelaah identitas karier, ciri pekerjaan, prospek kerja dan lingkungan kerja.

4.6     Membutuhkan cara merencanakan masa depan.

4.7     Membutuhkan pemahaman tentang kesesuaian antara pendidikan dengan tujuan karier.

4.1     Kurang memiliki tujuan yang jelas.

4.2     Ketidakmampuan mengambil keputusan.

4.3     Tidak mengetahui bakat dalam diri.

4.4     Sikap tidak berdaya dan putus asa.

4.5     Memilih-milih pekerjaan.

4.6     Memilih jurusan karena ikut dengan teman.

4.7     Tidak yakin dengan kemampuan dan karier yang akan dipilih.

 

1.         Saya sudah memiliki keinginan untuk kuliah di universitas yang saya inginkan. (K)

2.         Saya mengetahui bakat saya. (K)

3.         Saya mencari tahu segala tentang jurusan yang akan saya ambil. (K)

4.         Saya tidak dapat menyalurkan minat saya. (P)

5.         Saya menerima pekerjaan apapun yang ada sesuai minat saya. (K)

6.         Saya memahami lingkungan pekerjaan yang nanti saya pilih. (K)

7.         Saya membutuhkan pemahaman untuk merencanakan masa depan. (K)

8.         Saya tidak memahami sepenuhnya tujuan pendidikan dan karier yang saya pilih. (K)

9.         Saya tidak mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. (P)

10.     Saya sudah putus asa dengan rencana masa depan saya. (P)

11.     Saya ingin mewujudkan mimpi menjadi kenyataan. (K)

12.     Saya harus mengembangkan sikap positif. (K)

13.     Jurusan yang saya ambil adalah keinginan orang tua saya. (P)

14.     Saya tidak membutuhkan ijazah, yang penting saya lulus dan bekerja. (P)

No comments:

Post a Comment

ANGKET GAYA BELAJAR

  Lampiran III ANGKET GAYA BELAJAR NAMA            :                                                                        ASAL SEKOLAH...